KUNJUNGAN KAPOLRES CIMAHI KEPADA KORBAN PENGANIAYAAN DI RUMAH SAKIT HASAN SADIKIN BANDUNG

Ditulis oleh Admin, 18 Oktober 2017



Bandung : Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara mengharapkan agar masyarakat dapat menghindari kekerasan fisik dan psikis terhadap anak, karena akan berdampak negatif terhadap perkembangan kejiwaan anak.

"Belum lagi kalau anak mengalami cacat fisik akibat tindak kekerasan yang dilakukan oleh keluarga terdekatnya seperti ayah, ibu, nenek, kakak atau pamannya. Hal itu sudah masuk dalam kategori tindak pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga(KDRT)," ungkap Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara kepada RRI di Bandung, Senin (16/10/2017).

Ditemui RRI saat mengunjungi Rachel Heryani yang dirawat di ruang Kemuning Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung sore tadi, Rusdy mengatakan, Rachel merupakan salah satu korban kasus KDRT yang dilakukan oleh nenek tirinya Kosiah di Gunung Halu Kabupaten Bandung Barat.

"Neneknya tega menyiramkan minyak goreng panas ke wajah Rachel sehingga wajahnya mengalami luka melepuh dan rusak sehingga harus menjalani pengobatan dan perawatan intensif di rumah sakit," ujarnya.

Menurut Kapolres, akibat perbuatannya itu nenek Rachel sudah ditetapkan sebagai tersangka dan saat ini diamankan disel tahanan Polres Cimahi.

"Kami telah memeriksa 5 saksi dan visum hasil pemeriksaan dokter sudah diperoleh penyidik. Dari visum yang telah didapat memang disitu muncul keterangan dengan kaitannya ada luka bakar stadium tiga, yang mengharuskan korban harus dilakukan operasi kurang lebih dalam kurun waktu 5 hari," imbuhnya.

"Akibat perbuatannya itu, Kosiah dijerat dengan pasal berlapis yakni pasal 44 ayat  2 UU RI tentang penghapusan KDRT dan subsider pasal 80 ayat 2 dan pasal 76 ayat C  UU RI nomor 17 tahun 2016 tentang Perlindungan Anak, dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara," jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut Kapolres Cimahi didampingi isterinya Nyonya Niesya Febriana Rusdi, yang baru usai mengikuti rangkaian kegiatan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkara ke-65 di Polda Jawa Barat di Bandung.

"Dari kemarin beliau( isteri Kapolres) mengajak saya besuk Rachel, tapi karena sibuk baru sempat sekarang.Semoga Rachel cepat pulih dan tidak ada lagi aksi  atau tindak kekerasan terhadap anak," beber Kapolres

Saat dibesuk Kapolres, Rachel yang didampingi ayahnya kelihatannya sedang tiduran, sedang sebagian wajahnya terlihat masih diperban.

Sementara Niesya terlihat membawa kursi roda dan boneka Hello Kittty yang diletakkan disamping Rachel."Semoga Rachel senang dengan boneka ini," ujar Niesya.

Mendapat boneka Hello Kitty tersebut, Rachel merasa sangat gembira dan langsung memeluk bonekanya sambil mengucapkan terima kasih.



#poldajabar

#polrescimahi

#humaspolrescimahi




Created by Meridian.id